gototopgototop

Cara Menggunakan Affirmasi & Visualisasi

PDFPrintE-mail

Share

 

Alam bawah sadar merupakan bagian yang terbesar yang merekam segala informasi yang masuk ke dalam pikiran kita. Alam bawah sadar dapat juga dikatakan sebagai pengelola setiap organ-organ kita secara otomatis. Kalau di dalam pesawat kita sebut sebagai “Pilot otomatis”.
dalam Hypnobirthing Affirmasi dan visualisasi sangat diperlukan untuk membantu mewujudkan cita-cita dan harapan ibu dalam menjalani proses kehamilan dan persalinannya nanti.

 

Menurut C Scott Afirmasi adalah pernyataan pribadi positif yang memodifikasi keyakinan pribadi negatif dan harapan, dan memotivasi dan mempengaruhi kita ke arah yang baru. Affirmasi sebagai pernyataan positif yang diucapkan berulang-ulang agar menjadi bagian dalam diri seseorang sesuai keinginan. Affirmasi dapat meliputi pola pikir, perasaan maupun perilaku.
Sedangkan visualisasi adalah membayangkan dengan melibatkan intensitas emosi yang kuat pada hal-hal yang diinginkan. Jika kita mampu membuat visualisasi dengan jelas, nyata berwarna dan rasanya benar-benar ada, sebenarnya kita sudah berada dalam kondisi tersebut.

Intinya Visualisasi adalah menggambarkan kondisi yang diinginkan menjadi kenyataan. Sedangkan Affirmasi adalah kegiatan memberikan motivasi pada diri sendiri bahwa dapat berhasil.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam hypnobirthing affirmasi dan visualisasi harus dilakukan dengan positif dan benar. Karena cara melakukan affirmasi yang tidak benar, tak akan memiliki pengaruh apa-pun dengan yang kita inginkan. Yang perlu diperhatikan disini adalah : Affirmasi harus positif dan harus langsung menembus alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar memiliki potensi membangkitkan kebiasaan baru dan perubahan yang sesungguhnya.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan relaksasi hypnobirthing namun belum mendapatkan hasil yang maksimal mungkin kita perlu melakukan Check dan Re-check affirmasi yang kita telah lakukan selama ini. Affirmasi positif adalah suatu pernyataan yang diucapkan dalam struktur yang positif yang berfungsi menanamkan harapan yang positif , mendorong keberanian dan ditujukan untuk ditanamkan kepada alam bawah sadar sehingga menjadikannya satu program ataupun kebiasaan yang bermanfaat. Affirmasi positif akan empowering ourlife yaitu membuka mesin kekuatan tersembunyi yang kita miliki yaitu alam bawah sadar kita.
Bagaimana anda dapat menghubungi alam bawah sadar adalah dengan menembus hingga ke gelombang alfa dalam pikiran kita dan memberikan perintah sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan masuk ke gelombang alfa dalam pikiran berarti kita membuka pintu alam bawah sadar kita, masuk ke dalamnya melalui perintah berbentuk affirmasi. Perlu diingat bahwa otak kita, bawah sadar kita, hanya mengetahui dan memproses bentuk positif dari suatu perintah.

Misalnya; Saya merasa nyaman dan santai saat kontraksi berlangsung. Maka perintah yang diproses adalah “nyaman dan santai”. Namun jika affirmasinya adalah saya tidak merasa sakit saat kontraksi berlangsung, maka perintah yang dilakukan adalah “sakit”. Maka yang terjadi adalah ketika proses persalinan terjadi dan kontraksi berlangsung Anda akan tetap merasakan sakit .


Apa yang dilakukan untuk membuka dan mempengaruhi alam bawah sadar tersebut sehingg maksud dan tujuan Anda berhasil? Berikut beberapa cara yang dapat di gunakan antara lain :

1. Repertisi / Pengulangan

Dengan kita terus melakukan sesuatu hal secara terus menerus, atau mengulang affirmasi tersebut secara terus menerus, maka secara tidak langsung alam sadar dan alam bawah sadar kita akan terbiasa menerima informasi yang sama terus menerus. Perulangan tersebut akan menjadi kebiasaan yang disimpan oleh alam bawah sadar tersebut.

2. Emosi yang Intens.

Kondisi emosi yang intens, seperti saat kita sedih, marah, ataupun sedang sangat terfokus (bersemangat) dapat membangkitkan gelombang alfa. Sehingga apa-pun yang terarfirmasi saat itu, akan langsung menjadikannya perintah yang informasinya akan disimpan oleh alam bawah sadar kita.

3. Kondisi Rileks

Kondisi rileks membuka pintu ke alam bawah sadar kita hingga terbuka. Relaksasi seperti meditasi, hypnobirthing menjadi cara yang bisa membangkitkan gelombang alfa.

4. Hypnobirthing. 
Hypnobirthing merupakan cara cepat, membuka gelombang alfa. Ketika seseorang sedang dalam kondisi hypnosis, itulah saat yang mudah untuk mempengaruhi alam bawah sadar seseorang.

Oleh sebab itu , affirmasi yang optimis akan membantu anda dalam mewujudkan cita-cita dan harapan yang ingin Anda capai. Affirmasi tersebut akan mengubah hal-hal yang negatif menjadikannya positif yang berarti memberikan ruang harapan dalam alam bawah sadar kita untuk melakukan perilaku yang positif dan menetralisir efek-efek negatif yang akan timbul.

Anda dapat menggunakan affirmasi untuk meningkatkan rasa percaya diri, menyembuhkan luka batin, menambah keyakinan, atau pun sekedar melakukan rileksasi dengan affirmasi.
Contoh affirmasi :

Saya setiap hari bertambah percaya diri dalam menghadapi persalinan.

Setiap tarikan napas membuat saya relaks.

Affirmasi bukanlah sekedar kata-kata yang diulang-ulang tanpa jiwa di dalamnya. affirmasi harus diucapkan dengan penuh perasaan. Rasakan apa yang Anda ucapkan. Semakin banyak dari muatan emosional Anda dapat membawa ke sebuah penegasan semakin efektif dan cenderung lebih cepat menjadi terintegrasi ke dalam ke memori Anda

Setelah mengucapkan kalimat affirmasi, Jangan membatalkan affirmasi Anda ! Seringkali affirmasi tidak bekerja karena Anda sendiri yang membatalkannya secara tidak sadar.
ya karena kita setiap waktu melakukan self-talk yaitu komunikasi dengan / dalam diri sendiri. Menurut penelitian, secara umum orang melakukanself-talk 65.000 kata per hari. Dan kalau Anda mempercayai penelitian, 77 % dari self-talk tersebut adalah self talk negative.
Bayangkan Anda melakukan affirmasi “ saya setiap hari bertambah percaya diri menghadapi persalinan“ di satu sisi dan di sisi yang lain self-talk Anda berkata “ Ah mana mungkin ! persalinan kan menyeramkan “ – “ Saya gak bisa “ – “ Sulit deh “ dan lain-lain. Evaluasikan kembali self-talk Anda dan ganti dengan self-talk positif dan bermanfaat buat diri Anda.

Anda harus menyusun struktur affirmasi yang baik dengan bentuk kalimat posif dalam menyatakan keinginan dan waktu sekarang ( present ) bukan waktu mendatang ( future ) serta spesifik.
Contoh kalimat positif dalam menyatakan keinginan :

Saya sedang menciptakan ketenangan dalam diri saya.

Contoh kalimat negative dalam menyatakan keinginan :

Saya sedang menghilangkan rasa cemas.

Contoh affirmasi waktu sekarang :

Saya setiap hari bertambah percaya diri menghadapi proses persalinan.

Contoh affirmasi waktu mendatang :

Saya akan bertambah percaya diri menghadapi proses persalinan.

Contoh affirmasi yang spesifik :

Saya sedang menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam waktu 3 bulan.

Contoh affirmasi yang tidak spesifik :

Saya sedang menurunkan berat badan.

Affirmasi juga harus memenuhi logika yang wajar dan tidak menimbulkan konflik. Pada contoh di atas menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam waktu 3 bulan adalah hal yang dapat diterima daripada menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam waktu 1 bulan. Anda bisa saja berdebat “ Bisa kok 10 kg dalam waktu 1 bulan dengan hanya makan 1 kali sehari “ namun hal tersebut menimbulkan konflik dan membuat affirmasi tidak bekerja.

Lakukan affirmasi sesering mungkin dan disiplin setiap hari. Anda tidak bisa berharap mendapatkan manfaat dari affirmasi dengan melakukannya sesekali waktu. Affirmasi itu ibarat mengganti isi gelas yang sebelumnya terisi kopi dengan susu tanpa membuang kopinya terlebih dahulu. Praktis Anda harus mengisi gelas berisi kopi tersebut dengan susu terus menerus sampai berubah menjadi susu sepenuhnya.

Selain Anda melakukan affirmasi Anda dengan perasaaan, akan lebih optimal dan kuat hasilnya apabila Anda menggabungkan dengan visualisasi. Anda sambil mengatakan affirmasi percaya diri dengan merasakan bagaimana rasanya percaya diri dan membayangkan diri Anda SUDAH percaya diri. Anda mengaffirmasikan nyaman dan lancar saat persalinan, maka Anda merasakan nyaman dan lancar dan membayangkan semuanya benar-benar nyaman dan lancar.

Sebagai contoh mungkin saya akan menceritakan dasyatnya kekuatan affirmasi dan visualisasi dalam kehidupan saya entah dalam proses persalinan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

*** Contoh affirmasi negatif

11 tahun yang lalu ketika saya hamil, seringkali ibu saya “wanti-wanti” atau mengingatkan saya untuk hati-hati saat proses persalinan nanti. Beliau mengatakan begini: “Yes, hati-hati lho besok kalau kamu melahirkan jangan-jangan kamu blooding/perdarahan karena dulu ibu juga begitu.” Dan kalimat itu sering kali terucap dan diulang-ulang selama saya hamil. Dan tanpa sengaja dalam pikiran saya menyatakan ibu perdarahan berarti saya nanti perdarahan juga karena saya “sama dengan ibu” (memang secara genetika saya dan ibu saya sangatlah mirip. Hampir semua sifat ibu saya ada di dalam diri saya, begitu pula wajah dan body pokoknya saya adalah “foto copyan” ibu saya). Dan benar ketika saya bersalin walaupun sama sekali tidak sakit ternyata saya sempat mengalami perdarahan walaupun tidak terlalu banyak dan tidak sampai membuat tensi saya drop ataupun tubuh saya lemas, namun tetap saya mengalami perdarahan yang lumayan banyak. Ya..begitu kuatnya affirmasi sehingga berefek kedalam tubuh kita.

*** Contoh Affirmasi Positif

Selama hamil selalu saya membayangkan dan berkata pada diri saya dan bayi saya agar bayi saya lahir pada tanggal yang sama dengan tanggal ulang tahun saya, pada hari sabtu ketika papanya pulang dari kerja. Dan yang terjadi begitu papanya pulang bayi saya langsung mau keluar. Alhasil saya melahirkan di hari sabtu malam, dan di tanggal yang sama dengan tanggal ulangtahun saya.

Dalam kehidupan sehari-haripun saya sudah membuktikan dasyatnya kekuatan affirmasi dan visualisasi. begini critanya (*** semoga dapat menginspirasi Anda)

Tahun 2008 saya masih menjadi bidan desa (bidan PTT) di sebuah desa tepatnya di Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Saat itu saya seorang single parent karena kebetulan sejak tahun 2005 saya punya masalah relationship yang sangat kompleks dengan suami yang mengakibatkan saya mengalami kegagalan dalam rumah tangga dan saya harus menjadi single fighter dengan anak satu, gaji bidan PTT yang saat itu masih Rp 690.000,- per bulan, dengan berbagai tanggungan kebutuhan rumah tangga yang cukup tinggi. Saat itu setiap bulan saya masih harus membayar kredit KPR sebanyak Rp.1.200.000 per bulan. Dan saat itu saya masih kuliah S2 di UNDIP Semarang. Belum lagi kebutuhan yang lain bisa Anda bayangkan sungguh sungguh besar pasak daripada tiang. Beruntung saya sudah belajar hypnobirthing sejak lama dan saya selalu menggunakan affirmasi dan visualisasi dalam kehidupan saya sehari-hari sehingga saya sedikitpun tidak pernah kekurangan. Puji Tuhan!

Suatu hari saya ingin mempunya mobil karena mobilitas saya cukup tinggi dan dengan mempunyai mobil bisa memperlancar pekerjaan saya saat itu. Apa yang saya lakukan dengan kondisi ekonomi seperti itu? Bahkan menyetir mobilpun saya tidak bisa, sim A juga tidak punya?

Apa yang saya lakukan saat itu?

Pertama, saya berkunjung ke showroom mobil saya kumpulkan sebanyak banyaknya brosur dan gambar mobil. Saat itu saya ingin APV jadi saya ke dealer Suzuki dan mencari gambar mobil APV. Sesampai di rumah saya tempelkan gambar-gambar tersebut di tempat yang hampir setiap saat terlihat oleh saya: di kaca rias, di balik daun pintu kamar, daun pintu lemari pakaian, bahkan di dapur. Kedua, setiap kali saya melihat gambar mobil itu secara otomatis saya mengucapkan affirmasi saya dengan sungguh-sungguh dan memvisualisasikannya. Hampir setiap malam sebelum tidur saya membayangkan SUDAH mempunyai mobil itu. Dan menyetir mobil dengan nyamannya.

Beberapa minggu setelah kejadian itu teman saya mengajak saya ke kepolisian untuk memberikan perkuliahan tentang hypnotherapy kepada ara polisi di Kabupaten Klaten. Dan dari situ saya berkenalan dengan pejabat-pejabat di kepolisian besok paginya saya langsung di diberi SIM A GRATIS (tinggal Foto saja). Wow kebetulan sekali.

Sejak saat itu SIM A tersebut saya letakkan di dompet saya paling depan agar saya tiap kali membuka dompet selalu melihat SIM A tersebut dan langsung memvisualisasikan bahwa saya punya mobil. Dan ternyata selama beberapa bulan Tuhan memberikan saya rejeki yang luar biasa, saya bisa keliling Indonesia untuk memberikan pelatihan hypnobirthing kepada bidan dan dokter, saya menjadi marketing freelens di sebuah STIKES, dan saya menjadi konsultan dalam pembuatan sebuah politehnik diKabupaten Banjarnegara untuk membuat akademi kebidanan disana. Dan akhirnya praktis dalam sekitar 6 bulan akhirnya saya bisa membeli mobil impian saya tersebut. Semua seolah-oleh kebetulan dalam hidup saya namun ketika saya coba telusur lagi kebelakang ternyata saya baru sadar betapa dasyatnya kekuatan affirmasi dan visualisasi dalam hidup saya.

Semoga cerita ini bisa menginspirasi Anda.


Sama seperti dalam kehidupan sehari-hari afirmasi positif selama Kehamilan dan Melahirkan sangat penting sekali di gunakan. Penggunaan afirmasi positif selama kehamilan dapat membantu seorang wanita dan pasangannya untuk menciptakan pengalaman positif fisik mental dan banyak lagi. Seiring dengan afirmasi positif, penting untuk memvisualisasikan kehamilan positif dan pengalaman melahirkan anak. Visualisasikan bayi Anda sehat di dalam rahim dan yang dilahirkan dengan lancar dan diberikan dengan aman ke dalam pelukan Anda.

Berikut adalah daftar afirmasi positif dan visualisasi untuk Anda dan pasangan Anda untuk berlatih selama kehamilan dan melahirkan. Sekarang, berpikir positif, hilangkan blok pikiran negatif, dan membuat kehamilan yang sempurna bagi Anda!

Ingat Afirmasi adalah alat yang sederhana namun kuat untuk membawa perubahan di dalam diri kita dan kehidupan kita.


Berikut ini contoh daftar Visualisasi dan Afirmasi

> Saya percaya bahwa tubuh saya tahu persis apa yang dilakukannya.

> Saya bersemangat untuk melahirkan bayi saya.

> Saya percaya pada kemampuan saya untuk kelahiran bayi saya.

> Selama persalinan dan kelahiran, saya benar-benar santai.

> Saya membayangkan bayi saya bergerak perlahan melalui jalan lahir.

> Saya memvisualisasikan damai, sukacita dan menyenangkan saat melahirkan.

> Bayi saya senang dan sehat.

> Saya benar-benar bekerja sama dengan tubuh saya.

> Saya percaya bayinya lahir saya lahir dengan cepat dan mudah.

> Tubuh saya benar-benar santai.

> Saya memiliki keberanian, iman dan kesabaran.

> Saya dalam kendali penuh atas apa yang terjadi di sekitar saya.

> Saya mengikuti naluri saya dan melahirkan dalam cara saya inginkan.

> Saya siap dan disiapkan untuk pengalaman melahirkan saya.

> Tugas saya adalah untuk hanya bersantai dan memungkinkan kelahiran saya terjadi.

> Saya pantas untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang indah!

Pilih satu atau lebih dari cara berikut untuk menggunakan afirmasi dalam hidup Anda:

1. Menuliskannya pada catatan dan menempelkannya serta meletakkan kalimat affirmasi tersebut di tempat di mana Anda akan sering membacanya, seperti pada dinding di samping tempat tidur Anda, pada dashboard Anda atau di cermin kamar mandi, almari pakaian atau tempat yang strategis lainnya.

2. Menulis satu halaman penuh dan membacanya keras kepada diri sendiri sebelum tidur.

3. Katakanlah , ucapkanlah atau bernyanyi dengan lantang untuk diri sendiri di kamar mandi atau selama menyetir.

4. Ucapkan kalimat affirmasi tersebut secara diam-diam untuk diri sendiri ketika Anda berada dalam situasi yang menantang.

5. Tulis kalimat affirmasi tersebut dalam jurnal harian.


Lakukan dan Nikmati perubahan dan hasilnya dalam kehidupan Anda!


Selamat mencoba


Salam Hangat

Bidan Kita