gototopgototop

Mengenal Lebih Dekat

Share

Siapa saya?

Bidan Kita dikelola oleh Bidan Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes

Saya adalah istri dari Nc. Hendro Suryanto, Msi, ibu dari satu orang anak bernama Gabriele Nadina Elloianza yang saat ini sudah menginjak pra remaja. Berawal dari pengalaman melahirkan tanpa rasa sakit yang saya alami 10 tahun yang lalu membuat saya berfikir bahwa ternyata melahirkan itu nyaman dan bahkan nikmat. Tidak seperti yang orang lain katakan.

Sebagai dosen di sebuah stikes di Jogjakarta, saya harus sering update ilmu pengetahuan. Saat itu saya ingat sekali disela jam istirahat ketika saya duduk di meja dosen saya berfikir “kapan ya ada persalinan dalam air?” lalu saya sempat browsing namun yang saya dapatkan adalah melahirkan tanpa rasa sakit atau hypnobirthing. Itulah awal mula saya menghubungi pakar hypnobirthing di Indonesia yaitu ibu Lanny Kuswandi.

 

Dari situlah perhatian saya berbelok dari waterbirth ke hypnobirth.

Setelah mengikuti workshop bersama ahli hypnotherapy Rommy Rafael di Solo, saya bertemu dengan kawan-kawan dari JASPI (Jasa Psikologi Indonesia) yang ternyata anggotanya adalah para praktisi hypnotherapy di Solo. Bergabung dengan JASPI membentuk Solo Hypno Club bersama Bp. Hisyam Fachri membuat saya semakin menguasai hypnotherapy karena hamper tiap minggu kami berlatih secara intensif di sebuah café ijo. Memang saat itu kami lebih mengarah ke hypnostate (hypnosis untuk keperluan panggung). Namun dari sana kami bisa diliput juga di salah satu stasiun TV saat itu acara “Mata Rantai” di ANTV. dan akhirnya saya pun tampil membawakan tentang hypnobirthing di beberapa stasiun TV lokal


Ilmu Hypnotherapy sangatlah bagus, Karena saya Bidan tentusaja saya ingin juga mengembangkan ilmu ini di dunia kebidanan dan kandungan dan ini selaras dengan profesi saya. akhirnya saya mengundang ibu Lanny Kuswandi ke Solo untuk melakukan seminar dan pelatihan kepada para bidan. Dan ini adalah kali pertamanya saya “kopi darat” dengan ibu Lanny. Dan ini adalah awal “debut” saya sebagai hypnobirthing practicioner.


Jodoh memang tak akan kemana, semenjak bertemu ibu Lanny saya merasakan kecocokan dan “inilah salah satu hal yang saya cari selama ini” akhirnya karena punya visi dan misi yang sama saya diajak bergabung dengan ibu Lanny Kuswandi. Bersama Pro V Clinic kami membentuk team Hypnobirthing Indonesia. Saat itu anggota kami masih 3 orang yaitu dr Erwin TB Kusuma SpKj (K) (Bapak hypnotherapy Indonesia), Ibu Lanny Kuswandi (pakar Hypnobirthing Indonesia) dan saya sendiri Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes(bidan).

 

Sejak itu berbagai seminar dan pelatihan ke berbagai kota kami jalani, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Aceh, Padang, Medan, Sangata, Bontang, Jambi, Lombok, Bali, dan masih banyak sekali kota-kota yang kami kunjungi. Hampir di seluruh Indonesia. Bertemu dengan para bidan di berbagai daerah dengan berbagai karakter membuat kami semakin kaya pengalaman.

Berawal dari pertemuan saya dengan bu Lanny akhirnya mengantarkan pula saya untuk mengenal ibu Robin Lim di Nyuh Kuning Bali. Dan lagi-lagi saya memang orang yang sangat beruntung. Saat itu kami (Saya, Ibu Yosi Trihana, Ibu Palupi, Ketiganya adalah bidan di Klaten dan Solo) diperbolehkan untuk belajar waterbirth di yayasan Bumi Sehat Bali secara GRATIS! Bahkan kami disediakan penginapan gratis pula. Beberapa hari kami di Bumi Sehat, dan semakin saya mengenal ibu Robin Lim saya semakin kagum dengan beliau. Metode layanannya, energinya, humble nya luar biasa dan lagi-lagi saya berkata dalam hati “inilah yang saya cari selama ini”.

Di Bumi Sehat saya juga mengenal bidan bule bernama Brenda Ritchmort yang beliau selain bidan juga pengusaha cake “Bali Budda” dan sejak itu saya punya keluarga di Bali. Ibu Robin Lim juga Brenda. Luar Biasa!

Semakin hari semakin saya belajar dan bukan kebetulan lagi, kalau saya selalu beruntung karena berawal dari niat yang kuat akhirnya saya bisa bertemu dengan salah satu pakar Gentle Birth di Dunia yaitu Ellena Tonetti Vladimirova seorang spiritual midwife dari Rusia. Belajar dari Elena di Singapore waktu itu ternyata membawa titik cerah dan membuat saya semakin belajar tentang BIRTH TRAUMA. saat itu hanya 4 orang dari Indonesia yang mengikuti pelatihannya (saya, Ibu Lanny, Reza Gunawan dan dr Horas). hingga akhirnya saya berkesempatan untuk belajar dan memperdalam ilmu Gentle Birth pada pakar-pakar Dunia. Semua pelatihan ini semakin melengkapi dan menggenapi “pencarian” saya dalam memberi pelayanan.


Selama perjalanan ini lagi lagi saya beruntung karena Bp Hisyam F, memperkenalkan saya dengan mbak Resita seorang editor di sebuah penerbit besar di Jakarta.

Buku dengan Judul HIPNOSTETRI akhirnya menjadi karya pertama saya dan diterbitkan oleh Gagas Media Jakarta. Dari buku itu ternyata saya semakin kecanduan untuk menulis dan menulis lagi.

Buku Kedua dengan judul SIAPA BILANG MELAHIRKAN SAKIT? Akhirnya diterbitkan pula oleh Andi Offset Jogjakarta.

Dan saat ini buku ke tiga sedang dalam proses editing. Semoga saya kembali lagi beruntung dan bisa terus berkarya menulis buku yang bermanfaat bagi ibu-ibu di Indonesia.

Akhirnya selain menjadi pelatih hypnobirthing, dan penulis. Saya melengkapi semuanya dnegan membuka Bidan Kita. Sebuah tempat praktek dan juga Website ini untuk saya mengaktualisasikan semua prinsip Gentlebirth.

Berbagai layanan saya berikan di Bidan Kita mulai dari kelas Yoga untuk ibu hamil, kelas Hypnobirthing hingga pelayanan Waterbirth, Lotus Birth, Burning Cord (Gentle Birth)

Harapan saya adalah semakin banyak ibu-ibu di Indonesia yang merasakan indahnya proses kehamilan, persalinan dan pengasuhan Anak.

Semoga Indonesia menjadi lebih damai.


Tentang Situs Bidan Kita

Impian kami adalah semua calon orang tua (ibu dan Ayah) saling memberdayakan diri, penuh dengan pengetahuan dan informasi yang positif tentang seputar kehamilan, persalinan, menyusui dan kesehatan bayi sehinga mereka mendapatkan pengalaman positif tentang persalinan mereka


Dalam Website ini, kami ingin mengajak dan membawa Anda kembali ke budaya dan pandangan naturalistik terhadap kehamilan, persalinan dan kelahiran. Karena tanpa kita sadari Kemajuan dalam teknologi dan obat-obatan telah menarik kita menjauh kearifan lokal. Website ini kami didedikasikan untuk mendukung perempuan melalui tantangan menjadi seorang ibu dan kami dedikasikan untuk bayi-bayi yang akan lahir ke bumi Indonesia Ini. Dengan harapan mereka dapat lahir dengan penuh kedamaian dan minim trauma.

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

 


Bidan Kita adalah tempat yang aman bagi Anda untuk mencari informasi dan mendukung dan menemukan kembali cara naluriah untuk melahirkan. 

Membawa Kesadaran

Kami menyebarkan pengetahuan bahwa melahirkan dan kelahiran itu aman, sakral dan penting bagi perempuan, bayi dan keluarga untuk menjalani kehidupan yang sehat. melahirkan dan Kelahiran adalah masalah hak asasi manusia. Di Kanada, Amerika Serikat dan banyak negara lain, mereka mengikuti atau menganut perawatan bersalin model barat, di mana hampir 99% dari semua kelahiran terjadi di rumah sakit dengan tingkat operasi caesar adalah 25% -95%. Bahkan di Indonesia-pun juga demikian. Apalagi di perkotaan, tingkat operasi Caesar semakin lama semakin tinggi bahkan di Jakarta, beberapa Rumah Sakit angka operasi SC mencapai 98%. Ini terlalu tinggi Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan tingkat sesar harus antara 10-15%. Disini seolah-olah seorang wanita kehilangan kemampuannya untuk melahirkan secara alami. Dan ini sangatlah ironis karena tubuh seorang wanita di desain khusu untuk melahirkan alami oleh Sang Pencipta. Semakin banyak Wanita yang meninggalkan trauma dan Post Traumatic Stress Disorder setelah melahirkan. Tidak hanya itu saja, semakin banyak juga bayi-bayi yang mengalami birth trauma yang tanpa kita sadari efeknya akan di tanggungnya seumur hidup. Trauma yang wanita rasakan tersebut setara dengan trauma yang dirasakan oleh para tentara yang kembali dari pertempuran perang. Proses Persalinan dan kelahiran harusnya dilakukan dengan lembut dan minim trauma, Wanita harusnya di HORMATI.

Nilai Inti dari website Bidan Kita ini adalah:

  • Pemberdayaan
  • Cinta & Kasih
  • Pemahaman
  • Bimbingan
  • Penguatan dan Dukungan (Empowering)

Dan inilah dua pilar layanan kami:

Pendidikan: isi dari website ini adalah memberikan pengetahuan kepada Anda bahwa kehamilan, kelahiran & menyusui adalah bagian penting dari kehidupan &normal

Kesehatan dan Kesadaran Holistik: membawa kesadaran masyarakat untuk melahirkan fisiologis menjadi pilihan paling aman untuk kebanyakan wanita & bayi, dimana hal ini layak diperjuangkan

Sanggahan (Disclaimer)

Website Bidan Kita berusaha dan mendorong Anda untuk memberdayakan perempuan melalui pendidikan sehingga seorang wanita dapat memutuskan apa yang terbaik bagi diri mereka sendiri dan bayi mereka saat lahir tersebut.
Bidan Kita menyediakan artikel dan kelompok jaringan sosial untuk membantu orang tua belajar tentang kelahiran dan pengasuhan. Kami percaya perempuan memiliki hak untuk memilih bagaimana mereka akan melahirkan. Informasi yang disediakan oleh Bidan Kita dan kontributornya tidak mengambil tempat saran medis dan kami tidak bertanggung jawab atas keputusan yang Anda buat. Kami percaya itu terserah kepada individu untuk bertanggung jawab atas tubuh mereka dan bayi dalam pengalaman melahirkan mereka.

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

 

 

Salam Hangat

Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes

Owner Bidan Kita

Jl. Piere Tendean no 20 Rt I Rw VII, Sikenong, Kel. Kabupaten, Kec. Klaten Selatan, Klaten

Hotline: 0272 3111884

Facebook:

- Bidan Kita = https://www.facebook.com/bidan.kita?ref=tn_tnmn

- Yesie = https://www.facebook.com/yesie.aprillia

- Fanpages = https://www.facebook.com/pages/Bidan-Kita/215563711787505

Twitter : @bidankita https://twitter.com/bidankita
http://www.bidankita.com

 

Follow us on Twitter